Instagram
Sebagai Media Perdagangan Online
1.
Pengertian
Perdagangan Online
Perdagangan online
sering juga disebut dengan bisnis online.
Bisnis adalah suatu usaha yang dikerjakan perseorangan ataupun berkelompok di
mana di dalam usaha tersebut mempertemukan pembeli dan penjual yang saling
berinteraksi secara langsungataupun tidak. Bisnis ini dijalankan untuk
mendapatkan suatu keuntungan atau laba. Dan kadang-kadang mengalami kerugian
yang terjadi jika tidak dapat menjalankan bisnis tersebut dengan baik dan terencana.
Sedangkan online adalah keadaan
komputer yang terkoneksi atau tehubung ke jaringan internet, sehingga apabila
komputer kita online maka dapat
mengakses internet atau browsing mencari informasi.
Jadi bisnis online adalah bisnis yang dikerjakan oleh
perorangan atau kelompok secara online dengan aktivitas yang jual beli atau
menawarkan barang dan jasa melalui media sosial seperti Instagram, Facabook,
Bolg, dan lain-lain.
2.
Manfaat
Media Sosial dalam Perdagangan Online
Media sosial adalah suatu struktur sosial yang
dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang
dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide,
teman, keturunan, dll.
Manfaat
jejaring sosial untuk bisnis
Dalam segi
bisnis Jaringan sosial telah menjadi alat yang berguna untuk bisnis yang ingin
memasarkan produk dan layanan mereka. eMarketer memperkirakan bahwa Facebook akan memiliki $ 4 miliar pada
pendapatan iklan di seluruh dunia pada 2011 dan Twitter akan menarik $ 150 juta
dalam pengeluaran. Juga, pengeluaran jaringan sosial di seluruh dunia
diperkirakan akan mencapai hampir $ 6 miliar pada 2011.
Dengan angka
sejumlah itu, jelaslah bahwa bisnis menemukan banyak cara untuk menggunakan
jaringan sosial untuk medapatkan keuntungan.
a.
Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu
keuntungan terbesar dari jejaring sosial untuk bisnis. Ada banyak cara untuk
menggunakan media sosial untuk pasar bisnis anda. Misalnya, mengembangkan
halaman Facebook Fan untuk
mempertahankan pelanggan dalam informasi tentang update produk. Buat saluran YouTube untuk menampilkan fitur dan
manfaat produk anda.
b.
Merekrut
Keuntungan
lain dari menggunakan jaringan sosial adalah bahwa aAnda dapat merekrut
karyawan yang berbakat untuk bisnis Anda. Gunakan Twitter untuk mengirim pesan tentang posisi terbuka di perusahaan anda.
Atau, jaringan dengan pencari pekerjaan di LinkedIn
untuk merekrut bakat untuk bisnis anda. Orang yang sering menggunakan jaringan
sosial bisa menjadi aset bagi perusahaan anda karena mereka mahir dengan
teknologi.
c.
Membangun
Hubungan
Keuntungan
lain dari menggunakan situs jejaring sosial dalam bisnis adalah tingkat
penerimaan dan pembangunan hubungan mereka dapat membawa ke bisnis anda. Jika
Anda memiliki pelanggan yang anda dapatkan di situs jaringan sosial, anda
meningkatkan kesempatan anda memiliki pelanggan yang menjadi “penggemar” dari
halaman anda atau menambahkan anda ke daftar teman mereka. Membangun hubungan
dengan pelanggan di LinkedIn dengan
menambahkan mereka ke jaringan anda dan terlibat dalam percakapan tentang
produk onlineanda.
Berikut ini adalah tiga
langkah utama dalam pemasaran sosial:
1.
Buat Account
2. Selalu
tambahkan konten baru, link, produk,
sumber daya, dll
3. Menambahkan
teman, pengikut, kontak, dan lain-lain sebanyak mungkin
d.
Layanan
Pelanggan dan Tanggapan
Menggunakan situs jaringan sosial
untuk meningkatkan layanan pelanggan dan mengumpulkan umpan balik dari
pelanggan adalah keuntungan lain. Membuat formulir di Facebookanda atau link ke formulir di websiteanda yang memungkinkan pelanggan untuk menyuarakan
keprihatinan dan keluhan mereka. Pasang survei pada halaman Facebookanda atau link ke sebuah survei di akun Twitteranda
untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan tentang produk baru atau ide layanan.
Salah satu media sosial yang digunakan untuk
perdagangan online atau bisnis online adalah Instagram. Instagram adalah sebuah
aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna memgambil foto, menerapkan
filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial atau
media sosial lainnya, termasuk milik instagram sendiri. Salah satu fitur yang
unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga
terlihat seperti hasil kamera kodak instamatic dan polaroid.
Baru-baru ini, sebuah lembaga analisis SumAll telah
menonbatkan Instagram menjadi platform media sosial paling efektif
dalam menggenjot bisnis. Menurut SumAll, ketika para pelaku bisnis menjalankan
“misiny” melalui instagram, jika dilihat dari tingkat keterlibatan pengguna
atau followers ketika disandingkan
dengan platform media sosial lainnya,
SumAll secara terang-terangan menyatakan Instagramlah
sebagai pemenangnya.
Di Amerika Serikat, SumAll mencatat terdapat
peningkatan yang cukup siginifikan dari apara pelakuusaha yang pendapatannya
meningkat dari 1.5% ke 3.5% setelah menggunakan platform Instagram sebagai media promosinya sepanjang tahun 2013.
Begitu juga dengan wilayah inggris yang pelaku usahanya banyak yang turut
“kecipratan” keuntungan dari platform Instagram
sebagai media promosi yang handal.
SumAll menyatakan bahwa instagram merupakan
satu-satunya layanan yang hanya berbasis aplikasi mobile, dinyatakan sebagai media sosial yang paling cepat
menciptakan follower baru, dan hal
itu tentu sangat baik bagi para pelaku bisnis.
3.
Teknik
Menjaring Pembeli
Ada
tiga tahapan yang dilakukan dalam menjaring pembeli, yaitu:
a.
Melakukan
penelitian terhadap topik yang terkait dengan produk dan jasa anda
Ketika anda menukis
artikel untuk menjaring konsumen, anda tentunya harus membidik keinginan para
konsumen target anda. Jika perlu anda berkunjung ke forum yang sering
dikunjungi oleh konsumen target. Dan lihatlah topik yang dibicarakan dalam
forum tersebut, dengan demikian anda dapat memikan konsumen target anda.
b.
Pilih
judul artikel yang menarik
Selain memiliki produk
dan membuat website sebagai media jual, anda juga harus memperkenalkan produk
anda kepada pengunjung website. Yang harus anda lakukan adalah anda membuat
suatu artikel dengan judul yang menarik. Karena judul yang akan menentukan
konsumen target akan kanjut untuk menbaca atau tidak.
c.
Jangan
coba ‘berjualan’ dengan artikel anda
Maksudnya adalah isi artikel yang
anda buat janganlah bertele tele atau terlalu menggunakan nada ‘menjual’ itu
akan membuat konsumen akan meninggalkan website. Tapi fokuslah terhadap manfaat
dari produk atau jasa yang anda jual.
Dalam menggunakan
instagram sebagai ladang bisnis online, ada beberapa tips yang dapat dilakukan:
a. Don’t
Be Over Spam
Jangan terlalu sering
menggunakan comment untuk ajang spam,
selain membuat user terganggu, juga
menjadikan Image Brandkita
negatif. Buatlah comment info produk atau jasa kita kepada user yang memnag sedang post poto sesuai usaha kita. Caranya
kita bisa mencari dengan melakukan pencarian dengan #hastag.
b. Good
Respon
Bersikaplah profesional
dan responsive jika ada comment dari user, walaupun mereka just comment atau mungkin just question, tapi tetaplah menjaga
nama baik Brand kita.
c. Use
Hastag
Instagramsangat
familiar dan disarankan menggunakan hastag,
ini agar mempermudah jika ada user
yang sedang melakukan search.
Gunakanlah hastag yang mempunyai buying hastag, artinya posisikan diri
kita sebagai pembeli bukan penjual, gunakan hastag
yang menurut kita sering di seacrh oleh user.
d. Brand
Nor Personal.
Jangan pernah
menjadikan profil kita “post are private”,
karena kita adalah jasa bukan akun personal, dengan menjadikan private itu akan membuat user malas untuk beinteraksi dengan akun
kita. Karena ada beberapa akun online
yang memprotect akunnya dengan dibuan private.
e. Quality
Post
Buat semenarik mungkin foto yang kita upload, jika ingin kita edit. Size foto jangan melebihi 612px x 612px
(bsh).
4.
Analisis
Swot Perdagangan Online melalui Instagram
Sebelum memasarkan sebuah produk ke pasaran, ada
baiknya jika anda mengetahui kekuatan, kekurangan, peluang, dan ancaman yang
mempengaruhi pemasaran produk anda. Sebab tanpa informasi tersebut, anda tidak
dapat mengetahui seberapa besar potensi pasar yang ada, minat pasar akan produk
anda, apa saja peluang pasar yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk,
serta tingginya tingkat persaingan pasar saat ini. Maka dari itu, adanya
analisa produk sangat penting untuk dilakukan sebelum anda menawarkan produk
tersebut.
Salah satu cara yang dapat digunakan untuk
menganalisa produk yaitu metode analisis SWOT. Metode ini menganalisa dengan
menggunakan dua faktor penting, yaitu faktor internal yang berupa kekuatan dan
kelemahan. Serta faktor eksternal yang terdiri dari kesempatan dan ancaman.
Cara ini menjadi salah satu kunci bagi para pengusaha untuk mengetahui potensi
produk mereka, sebelum akhirnya mereka menentukan strategi pemasaran yang
paling efektif untuk produknya.
a.
Kekuatan
(Strengths)
Kekuatan
yang mendukung pemasaran produk antara lain kemampuan perusahaan untuk
menghasilkan produk yang berkualitas, tampilan kemasan produk yang
menarik, harga yang bersaing, serta pencantuman merek pada produk. Selain
itu support dari team maupun manajemen, serta dukungan teknologi
untuk memproduksi produk, juga menjadi kekuatan Anda untuk menciptakan produk
yang berkualitas dan mampu bersaing.
b.
Kelemahan
(Weakness)
Selain kekuatan, faktor
internal lainnya yang dilakukan dalam analisis SWOT yaitu dengan mengetahui
kelemahan yang dimiliki produk tersebut. Misalnya saja seperti ketahanan masa
expired produk, kegiatan promosi yang belum optimal, proses produksi dan
distribusi produk yang cukup lama, kemampuan SDM yang masih kurang, atau
kurangnya minat masyarakat akan produk tersebut.
c.
Peluang (Opportunities)
Peluang yang bisa
digunakan untuk meningkatkan pemasaran produk yaitu, berbagai media massa yang
dapat digunakan sebagai media iklan,
adanya kebijakan pemerintah untuk mengembangkan UKM dengan mengadakan berbagai
event untuk usaha kecil menengah, serta kondisi masyarakat yang semakin
konsumtif. Sehingga mempermudah pelaku
usaha untuk memasarkan produknya.
d.
Ancaman
(Threats)
Yang keempat yaitu adanya ancaman dari pihak luar.
Seperti jumlah kompetitor yang terus meningkat, munculnya produk baru yang
lebih unggul, kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas,
serta beberapa ancaman lainnya.
5.
Penutup
0 komentar:
Posting Komentar